Jumat, 29 Desember 2017

proposal wirausaha bouquet bunga (kursus)




BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pada era modern ini, banyak orang memulai bisnis dengan kreativitas yang dimilikinya untuk bersaing dengan para pebisnis lain yang lebih dulu terjun di dunia bisnis yang semakin berkembang. Media sosial adalah perantara antara penjual dengan pembeli. Meskipun tidak bertatap muka langsung antara kedua belah pihak, transaksi jual beli tetap berlangsung. Uniknya, keuntungan yang didapat oleh penjual di dunia maya bisa menyaingi penjual yang memiliki toko dalam bentuk fisik.

Usaha ini dimulai berdasarkan dari pengalaman pribadi, dimana kami bingung ketika ingin memberikan sebuah hadiah kepada kerabat dan juga sanak saudara. Seiring dengan berjalannya waktu kami sering melihat banyaknya kreasi bouquet bunga yang biasa digunakan untuk hadiah ulang tahun, wisuda, pernikahan, atau acara besar lainnya. Oleh karena itu kami mempunyai ide untuk membuat bouquet bunga yang diinovasikan dengan bouquet bunga yang terbuat dari bahan flanel. Usaha ini kami namakan dengan “Hadiahin.Ajah.”
Bouquet bias menjadi simbol kasih sayang atau ucapan,bentuknya  unik seperti bouquet bunga asli dengan kreasi yang bervaritif. Konsumen tidak perlu pusing lagi mencari souvenir untuk orang-orang tersayang di hari yang spesial. Produk ini banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga kami tidak membatasi jenis konsumen kami.


1.2 Visi Misi

Visi :    Menjadi usaha bouquet bunga yang terpercaya, berkualitas dengan pelayanan yang terbaik di Indonesia.

Misi :
1.      Menyediakan bouquet untuk semua kalangan usia dengan harga terjangkau.
2.      Selalu melakukan inovasi dalam membuat.
3.      Mengembangkan jaringan dan korelasi untuk menarik minat konsumen.
4.      Membuat bouquet dengan kualitas yang baik.
5.      Membuat loyalitas konsumen dengan memberikan kepuasan akan pelayanan dan kualitas barang.


1.3 Data Perusahaan

            Profil  Hadiahin.Ajah dapat dilihat pada Tabel 1.1.

Tabel 1.1
Profil Hadiahin.Ajah

1
Nama Perusahaan
Hadiahin.Ajah
2
Bidang Usaha
Manufaktur
3
Produk Usaha
Bouquet Bunga
4
Alamat Perusahaan
Depok
5
Nomor Telepon
08 2228508551
6
·         Website
·         Instagram
@hadiahin.ajah
 7
Tahun Berdiri
2017
 


1.4 Data Karyawan

              Profil karyawan Hadiahin.Ajah dapat dilihat pada Tabel 1.2.
Tabel 1.2
1
Nama
Grace Febriyanti
2
Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 3 Januari 1998
3
Alamat
Jl. Merbabu 2 No. 159                      
4
Status
Lajang
5
Nomor Telepon
082227527564
6
Jabatan
General Manager
1
Nama
Julio Minoti M
2
Tempat, Tanggal Lahir
Makassar, 20 Juli 1997
3
Alamat
Jl. H. Saiyan Tanjung Barat                      
4
Status
Lajang
5
Nomor Telepon
085775936521
6
Jabatan
CEO

                       
1
Nama
Mardianti
2
Tempat, Tanggal Lahir
Jakarta, 8 Maret 1998
3
Alamat
Jl. Kebon Nanas Selatan 2                     
4
Status
Lajang
5
Nomor Telepon
089675429612
6
Jabatan
Manager Pemasaran
1
Nama
Yulia Ayu Kurniawati
2
Tempat, Tanggal Lahir
Magelang, 12 Juli 1998
3
Alamat
Jl. Suwuk 2                      
4
Status
Lajang
5
Nomor Telepon
081378596453
6
Jabatan
Manager Produksi


1
Nama
Tiara Setianti
2
Tempat, Tanggal Lahir
Magelang, 8 Juni 1998
3
Alamat
Kebon Mede RT 01 RW 06                      
4
Status
Lajang
5
Nomor Telepon
082226699751
6
Jabatan
Manager Keuangan












2.1 Bauran Pemasaran
      Bauran pemasaran pada Hadiahin.Aja berdasarkan Product, Price, Place and Promotion (4P) adalah sebagai berikut :
1.      Product
Contoh produk dan pemakaian dapat dilihat pada Gambar 2.1


Gambar 2.1  Contoh Produk

Produk yang ditawarkan oleh Hadiahin.Aja terdiri dari :
·         Type                  : Boucket Bunga
Brand                : Hadiahin.Ajah 
Quality        : Menggunakan bahan kain flanel berkualitas yang terbuat100% dariwool, tekstur kainnya tebal dan berserat
·         Packing            : Plastik Transparan
·         Design              : Sesuai Katalog



2.      Price
Harga yang ditawarkan terjangkau :
·         Harga untuk ukuran kecil Rp.   30.000,00
·         Harga untuk ukuran besar Rp.100.000,00

3.      PLACE
Wilayah pemasaran mencakup wilayah Depok secara offline dan Jabodetabek secara online

4.      PROMOTION
·         Advertising            :Periklanan atau promosi melalui media sosial dan
                                   e-commerce seperti Instagram,web dan brosur.
·         Personal Selling     :Hadir diberbagai acara wisuda atau pun siding-sidang




2.2 Segmentasi Pasar

            Segmentasi pasar Hadiahin.Aja dibagi menjadi :
1.      Segmentasi Geografi, dimana produk dipasarakan sekitar kawasan Depok dan secara online shop yang akan menjangkau di seluruh Jabodetabek.
2.      Segmentasi Demografi. dimana target konsumennya adalah dari semua kalangan.
3.      Segmentasi Tingkah Laku, dalam penggunaannya konsumen menginginkan gift  yang unik dan lucu serta bermanfaat bagi orang yang disayanginya.
4.      Segmentasi Psikografi : 
·         Status sosial :Semua kalangan (dari mulai kalangan menengah bawah sampai dengan menengah atas).
·         Kepribadian : Orang yang bergaya romantis kepada orang yang disayangnya.
·         Gaya hidup :mengikuti perkembangan zaman.


2.3 Analisis SWOT dan TOWS
            SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah singkatan Bahasa Inggris dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses(Kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (Ancaman). SWOT Hadiahin.Ajah adalah sebagai berikut :
1.      STRENGTHS (kekuatan)
·         Barang ada yang ready stock, sehingga bagi konsumen yang tidak ingin custom bisa langsung membeli.
·         Menggunakan bahan kain flanel berkualitas yang terbuat 100% dari wool, tekstur kainnya tebal dan berserat dalam membuat bouquet.



2.      WEAKNESSES (kelemahan)
·         Proses pembuatan bouquet handmade cukup memakan waktu yang lama sesuai dengan orderan dan tingkat kesulitannya.
Ø  untuk pembuatan bouquet kecil membutuhkan waktu  -/+ 3hari
Ø  untuk pembuatan bouquet besar membutuhkan -/+ 5hari

3.      OPPORTUNITIES (peluang)
·         Permintaan pasar yang meningkat pada perayaan wisuda, ulang tahun dan juga acara besar.

4.      THREATS (ancaman)
·         Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
·         Pesaing yang lain menawarkan barang dengan harga lebih murah.
·         Belum memiliki identitas visual tersendiri, dimana belum memiliki logo dan toko sendiri.


TOWS adalah pendekatan model SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), yang terdiri dari :
     1.      Strengths – Opportunities
Menjalin kerja sama dengan sebuah pabrikkain wool yg memiliki kualitas dengan harga yang terjangkau.

     2.      Weakness – Opportunities
Menambahkan tenaga kerja dan meningkatkan mutu dari SDM agar dapat meminimumkan waktu produksi dan dapat bersaing dengan para usaha buket lainnya.


    3.      Strengths – Threats
Meningkatkan penggunaan bahan baku lokal atau membeli produk dari supplier first hand sehingga harga produk bisa dikendalikan dan dapat bersaing dengan produk - produk buket lainnya

    4.      Weaknesses – Threats
·         Mengadakan workshop agar perusahaan lebih dikenal di kalangan masyarakat. 
·    Mengadakan promo di beberapa kampus khususnya wilayah Depok, membuat promosi iklan melalui brosur maupun media social, free delivery order khusus wilayah Depok. 
·         Mendirikan stand di beberapa kampus dan pusat perbelanjaan di wilayah Depok


Table SWOT dan TOWS dapat dilihat pada Tabel 2.1.
Table 2.1
SWOT dan TOWS Hadiahin.Ajah
SWOT/TOWS
STRENGTHS
WEAKNESSES


INTERNAL



EKSTERNAL
·       Menyediakan barang yang ready stock
·       Bahan yang berkualitas
·      Proses pembuatan yang memakan waktu cukup lama

OPPORTUNITIES
S-O
W-O
·         Kebutuhan untuk acara-acara tertentu
·         Menjalin kerja sama dengan sebuah pabrik kain wool.
·         Kami menyiapkan barangyang ready stock
·         Menyediakan jasa delivery
·         Meningkatkan mutu dari SDM

THREATS
S-T
W-T
·         Banyak pesaing
·         Belum memiliki identitas visual tersendiri
·         Pesaing menjual dengan harga yang murah

·    Meningkatkan penggunaan bahan baku lokal/membeli produk dari supplier first hand

·         Mengadakan workshop untuk pembuatan bouquet bunga
·         Promosi iklan melalui brosur maupun media social, free delivery order khusus wilayah depok
·         Medirikan Stand





BAB III
ANALISIS PRODUK

3.1. Bahan Pembuatan Produk
            1. Bahan Baku
a.    Kain Flanel
b.    Kertas Tisu
c.     Pita Jepang
d.    Glue Stik
e.    Pita Serut
f.     Corong Air
g.    Kardus

2. Peralatan
a.      Gunting
b.      Lem Tembak
3. Bahan Penolong
a.      Plastik Parsel
b.      Spidol
c.       Penggaris
d.      Double Tip
e.      Solasi
f.        Papper bag
g.      Kardus box



3.2 Proses Pembuatan


         ·   Siapkan semua alat dan bahan

  ·  Lakukan langkah pertama adalah gunting kain flanel dengan pola memanjang lalu gunting pada     tengahnya dengan jarang 4 – 5 cm 
      · Selanjutnya tempel dan susun bunga-bunga yang sudah terbuat dari kain flanel tersebut, pada kardus yang sudah ditempelkan di atas corong air, jangan lupa untuk memulai dari tengah diikuti melingkar sehingga menjadi rangkaian yang sempurna.
      Berikan kertas sampul berwarna dibagian bunga yang sudah dirangkai
      Berikan finishing dengan mengikatkan pita dibagian pegangan tangan bunga buket.






BAB IV

ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA





    4.1  Analisis Kompetensi  Sumber Daya Manusia
            Analisis kompetensi sumber daya manusia Hadiahin.Ajah dapat dilihat pada Tabel 4.1

Tabel 4.1
Analisis kompetensi Sumber Daya Manusia Hadiahin.Ajah
PENDIDIKAN
JUMLAH
BAGIAN
 DEPARTEMEN
JUMLAH
SD
-
CEO
1
SMP
-
MANAJEMEN
1
SMA
-
PRODUKSI
1
D3
5
PEMASARAN
1
S1/S2/S3
-
KEUANGAN
1

 
         Keunggulan dan kompetensi  SDM :

         a.      CEO
      Adalah jabatan tertinggi disuatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung  jawab untuk kestabilan perusahaan.
 
         b.      General  manager
      Adalah jabatan manager yang memiliki tanggung jawab kepada seluruh jabatan atau fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.

        c.      Manajer  Pemasaran 
   Adalah jabatan yang mampu memperkenalkan, mempromosikan, suatu barang atau jasa dari perusahaan untuk diperkenalkan pada konsumen secara langsung maupun tidak langsung.
       d.      Manajer Produksi
     Adalah jabatan yang mampu menciptakan ide – ide kreatif untuk menciptakan barang  atau jasa agar konsumen dapat tertarik dengan produk dari suatu perusahaan.
       e.       Manajer Keuangan
   Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengkontrol semua transaksi atau kejadian yang terjadi didalam perusahaan.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seminar Manajemen Pemasaran

“ Rencana Riset Terhadap Suatu Merek yang Meliputi Penentuan Tujuan & Metode Riset” ...