Jumat, 29 Desember 2017

proposal wirausaha dana bergulir




VARMA Store

Disusun oleh :

Aditya Arif Gunadi (30216200)

Alviyani Teda Fatmawati (30216665)
Mardianti (34216252)
Rohmad Yuwono Al Sahid (36216660)
Vofi Permata Sari (37216574)
  










DAFTAR ISI
Kata Pengantar.............................................................................. .......i
Daftar Isi............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang............................................................................ 1
1.2  Visi dan Misi............................................................................... 1
1.3  Data Perusahaan.......................................................................... 2
1.4  Data Karyawan............................................................................ 2

BAB II ANALISIS PASAR (PEMASARAN)
2.1 Bauran Pemasaran...................................................................... 4
2.2 Segmentasi Pasar........................................................................ 5
2.3 Analisis SWOT dan TOWS...................................................... 6

BAB III ANALISIS PRODUK

3.1  Bahan Pemasaran...................................................................... 9
3.2  Proses Pembuatan..................................................................... 9
BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA
4.1 Struktur Organisasi..............................................................10
4.2 Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia....................... 11

BAB V ANALISIS KEUANGAN
5.1  Modal Usaha............................................................................ 13
5.2  Perincian Biaya........................................................................ 13

 

5.2.1 Bulan November 2017...............................................13
5.2.2 Bulan Desember 2017.........................................18
5.2.3 Bulan Januari 2018..............................................22
5.2.4 Bulan Februari 2018............................................26
5.2.5 Bulan Maret 2018................................................30
5.2.6 Bulan April 2018.................................................34
             







KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya kami dapat menyusun proposal usaha ini. Kami menyadari bahwa di dalam pembuatan proposal ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu.
Penyusunan proposal ini dibuat untuk memenuhi salah satu persyaratan yang harus dilakukan oleh setiap wirausaha untuk mendirikan usaha, hal ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan usaha dari sisi keuangan, sumber daya dan pemasaran serta mengevaluasi kekuatan dan kelemahan usaha ini. Besar harapan semoga proposal ini dapat diterima sehingga kami dapat mengembangkan usaha ini menjadi usaha yang baik.
Akhir kata semoga proposal ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Kami  menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, atas kritik dan sarannya, kami mengucapkan terimakasih.

                                                                                                             Depok,  November 2017


                                                                                       
                                                                                                                      Penyusun 









BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pada era modern ini  fashion berkembang  pesat sehingga dibutuhkan waktu luang untuk memperbaharui  perkembangan  fashion tersebut. Semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan  fashion. Maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha yang dimana produknya berdasarkan update – update fashion masa kini. Dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( Order ), sehingga konsumen bisa memesan sesuai keinginannya.
Kami membuka bisnis di bidang  fashion yaitu  Kaos Custom. Mengingat akan kebutuhan konsumen yang tak lepas dari berbusana yang nyaman dan   fashionable. Kaos  Custom kami memberi kebebasan kepada konsumen untuk memilih gambar atau design nya.

1.2 Visi Misi
Visi :
Menjadi usaha Baju Custom  yang terpercaya , design dan bahan yang berkualitas dengan pelayanan yang terbaik di seluruh indonesia.

Misi :
·         Berinovasi dalam membuat design
·         Memberikan pelayan kepada konsumen dengan baik
·         Menjalin kerja sama dengan pemasok dan penyalur yang saling menguntungkan 
     
       
1   1.3 Data Perusahaan

      Profil  VARMA Store dapat dilihat pada Tabel 1.1.

Tabel 1.1
Profil Hadiahin.Ajah

1
Nama Perusahaan
VARMA Store
2
Bidang usaha
Design kaos
3
Produk usaha
Kaos Custom
4
Alamat perusahaan
Depok
5
Nomer Telepon
081932685234
6
Instagram
@varmastore
7
Tahun berdiri
2017

     1.4 Data Karyawan

Profil karyawan VARMA Store dapat dilihat pada Tabel 1.2.

1
Nama
Aditya Arif Gunadi
2
Tempat, Tanggal Lahir
Tangerang, 02 April 1998
3
Alamat
Jalan Pamulang Indah
4
Status
Mahasiswa
5
NomorTelepon
081932685234
6
Jabatan
CEO

1
Nama
Mardianti
2
Tempat, TanggalLahir
Jakarta, 08 Maret 1998
3
Alamat
Jalan Otista Raya 3
4
Status
Mahasiswa
5
NomorTelepon
081932685234
6
Jabatan
General Manager




1
Nama
Vofi Permata Sari
2
Tempat, TanggalLahir
Manna, 10 September 1998
3
Alamat
Depok
4
Status
Mahasiswa
5
NomorTelepon
082177369039
6
Jabatan
Manager Pemasaran

1
Nama
Alviyani Teda Fatmawati
2
Tempat, TanggalLahir

3
Alamat

4
Status

5
NomorTelepon

6
Jabatan
Manager Produksi

1
Nama
Rohmad Yuwono Alsahid
2
Tempat, TanggalLahir
Rembang, 02 Maret 1998
3
Alamat
Jalan Cibubur 2
4
Status
Mahasiswa
5
NomorTelepon
08993731302
6
Jabatan
Manager Keuangan








BAB II

ANALISIS PASAR


2.1 Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran pada VARMA store berdasarkan Product, Price, Place and Promotion (4P) adalah sebagai berikut :
1.      Product
Contoh produk dan pemakaian dapat dilihat pada Gambar 2.1


            

Gambar 2.1 Contoh Produk dan Design

Produk yang ditawarkan oleh VARMA Store terdiri dari :
·         Type                : Kaos
·         Brand              : VARMA store 
·        Quality             : Menggunakan bahan dan design yang berkualitas
·         Packing           : Plastik Transparan
·         Design             : Custom




2.      Price
Harga yang ditawarkan : Rp 100.000 /pcs

3.      PLACE
Wilayah pemasaran mencakup wilayah Depok offline dan secara online

4.      PROMOTION
·         Advertising            :Periklanan atau promosi melalui media sosial dan
                           e-commerce seperti Instagram,web
·         Mouth to Mouth

2.2 Segmentasi Pasar
            Segmentasi pasar VARMA Store dibagi menjadi :
1.  Segmentasi Geografi, dimana produk dipasarakan sekitar kawasan Depok dan secara online shop yang akan menjangkau di seluruh Indonesia.
2.      Segmentasi Demografi. dimana target konsumennya adalah dari usia remaja.
3.   Segmentasi Tingkah Laku, dalam penggunaannya konsumen yang ingin tampil simple tapi tetap fashionable.
4.      Segmentasi Psikografi : 
·         Status social: Semua kalangan (dari mulai kalangan menengah bawah sampai dengan menengah atas).
·         Kepribadian: Orang yang bergaya fashionable.
·         Gaya hidup: Mengikuti perkembangan zaman



2.3 Analisis SWOT dan TOWS
            SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah singkatan Bahasa Inggris dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses(Kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (Ancaman). SWOT Hadiahin.Ajah adalah sebagai berikut :

1.      STRENGTHS (kekuatan)
·         Memberikan pelayanan design gambar, sehingga konsumen dapat memilih design sesuai keinginannya sendiri.
·       Kaos yang trendy dan fashionable.
·       Menggunakan bahan pilihan yang nyaman saat digunakan.

2.      WEAKNESSES (kelemahan)
·      Minimnya tenaga ahli.
·      Harga yang sedikit mahal karna menggunakan bahan pilihan.

3.      OPPORTUNITIES (peluang)
·       Banyaknya permintaan, karna kaos sendiri adalah sebuah kebutuhan pokok yang harus di penuhi setiap manusia.
·       Banyaknya remaja yang menyukai produk yang trendy dan fashionable.

4.      THREATS (ancaman)
·       Perekonomian yang tidak stabil.
·       Munculnya pesaing dengan harga yang lebih murah.
 


TOWS adalah pendekatan model SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), yang terdiri dari :
1.        Strengths – Opportunities
·      Menjalin hubungan relasi dengan pihak yang telah berpengalaman.
·      Mendesain trend masa kini.
·      Menambah unit produksi.

2.        Weakness-Opportunities
·       Merekrut tenaga kerja ahli yang sesuai.
·       Mempromosikan produk menggunakan jejaring sosial
3.        Strenghts-Threats
·      Mempertahankan kualitas produk.
·      Memberikan label pada produk.

4.        Weaknes-Threats
·      Mencari sebuah inovasi dan pengetahuan tentang desain.
·      Memperhatikan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen.
·      Menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efficient dan effective.



Tabel SWOT dan TOWS dapat dilihat pada table 2.1

SWOT/TOWS
STRENGHTS
WEAKNESS
Internal




Eksternal
- Memberikan pelayanan design gambar.
- Kaos yang trendy dan fashionable.
- Menggunakan bahan pilihan yang nyaman.

- Minimnya tenaga ahli.
- Harga yang sedikit mahal.

Opportunities
S-O
W-O
- Banyaknya permintaan.
- Banyaknya remaja yang menyukai produk yang trendy dan fashionable.
- Menjalin hubungan relasi.

- Mendesain trend masa kini.

- Menambah unit produksi.

- Merekrut tenaga kerja ahli yang sesuai.

- Mempromosikan produk menggunakan jejaring sosial.

THREATS
S-T
W-T
- Perekonomian yang tidak stabil.

- Munculnya pesaing dengan harga yang lebih murah.

- Mempertahankan kualitas produk.

- Memberikan label pada produk.


-Mencari sebuah inovasi dan pengetahuan tentang desain.

- Memperhatikan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen.

- Menetapkan strategi bisnis baru yang lebih efficient dan effective.
 









































BAB III

ANALISIS PRODUK

3.1. Bahan Pembuatan Produk
1. Bahan Baku
Kaos Polos
2. Bahan Penolong
Paper Bag
Sticker
3.2 Proses Pembuatan

           1.      Siapkan kaos yang akan disablon
           2.      Membuat desain yang akan dicetak dikaos permintaan konsumen.
           3.      Berikan desain nya kepada jasa sablon yang telah kerjasama dengan usaha kami
           4.      Tunggu  sampai proses selesai.
           5.      Packing kaos yang akan dikirim
           6.      Kirim kaos ke konsumen.






BAB IV

ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA


4.2  Analisis Kompetensi  Sumber Daya Manusia 

Analisis kompetensi sumber daya manusia VARMA Store dapat dilihat pada Tabel 4.1


Tabel 4.1
Analisis kompetensi Sumber Daya Manusia VARMA Store.

PENDIDIKAN
JUMLAH
BAGIAN
 DEPARTEMEN
JUMLAH
SD
-
CEO
1
SMP
-
MANAJEMEN
1
SMA
-
PRODUKSI
1
D3
5
PEMASARAN
1
S1/S2/S3
-
KEUANGAN
1

Keunggulan dan kompetensi  SDM :
      a.       CEO
Adalah jabatan tertinggi disuatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung  jawab untuk kestabilan perusahaan.
      b.      General  manajer
Adalah jabatan manager yang memiliki tanggung jawab kepada seluruh jabatan atau fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.
      c.       Manajer  Pemasaran
Adalah jabatan yang mampu memperkenalkan, mempromosikan, suatu barang atau jasa dari perusahaan untuk diperkenalkan pada konsumen secara langsung maupun tidak langsung.

      d.       Manajer Produksi
Adalah jabatan yang mampu menciptakan ide – ide kreatif untuk menciptakan barang  atau jasa agar konsumen dapat tertarik dengan produk dari suatu perusahaan.
e.      Manajer Keuangan
Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengkontrol semua transaksi atau kejadian yang terjadi didalam perusahaan.


































































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seminar Manajemen Pemasaran

“ Rencana Riset Terhadap Suatu Merek yang Meliputi Penentuan Tujuan & Metode Riset” ...